Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer

Meningkatkan Kinerja Komputer
Masih di website Blogku- kali ini Admin akan membahas artikel yang mungkin bermanfaat, kamu juga bisa ikuti website ini dengan cara ketikan email kamu di bawah komentar, nanti kamu akan di kirimkan email setiap admin upload.

Berbicara tentang kinerja komputer memang gampang-gampang susah. Karena tidak semua komputer merasakanya, apabila kita bertanya ke sebagian orang pastinya ada yang bilang tidak lemot dan lemot. Semua tergantung dari spek komputer kamu.

Namun dengan demikian, kamu akan merasakan berat ketika menjalankan perintah-perintah tertentu. Seperti pada saat menjalankan beberapa aplikasi dengan menjalankan secara bersamaan, ketika sedang asik berselancar di internet, ketika sedang mendownload file.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kok kinerja komputerku menurun si? Dan apa saja penyebab dari penurunan performa. So Blogku kali ini akan membahasnya satu persatu.


Penyebab Kinerja Komputer Menurun

Menurut beberapa sumber dan berdasarkan pengalaman yang telah dilalui, ada beberapa faktor yang melatar belakangi dari menurunnya kinerja komputer.
  • Hardware dan Software out of date.
  • Tegangan listrik yang tidak stabil.
  • Terinveksi virus yang cukup parah.
  • Pemakaian yang tidak benar dan tidak pernah dirawat.
  • Terlalu memaksakan pemasangan aplikasi


Dan mungkin masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi menurunya kinerja komputer. Karena perangkat komputer sangat komplek dan satu sama lain saling mempengaruhi.

Baca Juga : Buku Pemograman C++

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer


1.     Gunakan aplikasi Glary utilities

Meningkatkan Kinerja Komputer

Merupakan aplikasi perangkat lunak yang dapat melakukan perawatan pada sistem operasi windows dengan baik. Aplikasi ini memberikan berbagai perkakas untuk memperbaiki komputer yang kinerjanya semakin lambat, menata kembali registry yang berantakan dan mempersingkat waktu start up yang semakin lama. Berikut ini beberapa fitur dari Glary utilities.

  • Clean up & repair.
  • Optimize & improve.
  • Privacy & security.
  • Files & folder.
  • System tools.

Untuk versi lama disediakan secara gratis dan versi terbarunya berbayar. Kalian bisa menggunakan versi lama jika menginginkan gratis.

2.     Update software

Untuk sebagian komputer yang memiliki spek tinggi tapi masih lemot kamu bisa mengupade software. Hal ini akan meningkatkan performa dari komputer, karena pada setiap pembaruan akan di perbaiki setiap bug yang membuat komputer lemot.


3.     Upgrade hardware

Perangkat komputer, sehebat apapun itu tetaplah buatan manusia yang memiliki batas waktu. Ketika pemakaian sudah terlampau lama akan menurunkan performa dari komputer. Oleh karena itu solusi terbaik dengan cara mengupgrade hardware kamu.

Begitu banyaknya hardware pada komputer, ada dua komponen penting yang perlu di upgrade yaitu :

RAM

Random Accses Memori (RAM) merupakan salah satu komponen yang cukup berpengaruh dalam kinerja komputer. Kecepatan akses ditentukan oleh kapasitas dan juga kondisinya. Kamu bisa mengupgrade dua kali lipat dari RAM kamu sebelumnya.

Proccessor

Kedua, jika dirasa masih kurang kalian selanjutnya bisa mengupgrade Proccessor kamu ke versi yang terbaru. Ada banyak macam-macam proccessor  dan bermacam-macam spesifikasi yang dibawanya. Kamu pilih sesuai yang dibutuhkan.

4.     Gunakan sistem operasi yang ringan

Meningkatkan kinerja komputer tidak hanya menambah spek dari komputer kamu, namun juga bisa menguranginya. Contohnya jika kamu belum mempunyai cukup dana untuk membeli hardware kamu bisa menggunakan software yang ringan.

Hal ini bisa mengurangi kelemotan komputer, misalnya dengan mengurangi versi dari windows kamu yang tadinya versi 8 gunakan lah versi 7,mungkin versi yang kalian gunakan itu tidak cocok pada komputer kamu.

5.     Gunakan pendingin yang optimal

Kinerja komputer karena sistem operasi mengalami overheating. Bukan hanya menurunkan kinerja, overheating juga menjadi salah satu faktor penyebab komputer rusak. Oleh sebab itu, kamu bisa mengoptimalkan pendingin pada cpu. Namun hal ini diimbangi dengan power supply.

Jika kamu menggunakan kualitas terbaik, namun power supply biasa-biasa aja, bisa bisa tegangan listrik yang mengalir pada power supply mengurang dan tidak stabil. Hal ini akan membuat kinerja komputer menurun.


Berikut beberapa ilmu yang saya bagikan jika kamu suka kamu bisa membagikan ke sosial media kamu. Jika ada pertanyaan bisa tanyakan di komentar.

Terimakasih

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Kinerja Komputer"